Guest Book


G
u
e
s
t


B
o
o
k
Mw Guest Book yg Seperti ini..??
Klik di Membuat Show Hide floating Guest Book

Rabu, 16 September 2009

JARINGAN/ARAH KOMUNIKASI PT PABRIK CAT DAN TINT PACIFIC PAINT

Nama : Nita Sri Handayani

NPM : 10507297

Kelas : 3PA05

MATA KULIAH PSIKOLOGI MANAJEMEN

BAB 2 “KOMUNIKASI”


“JARINGAN ATAU ARAH KOMUNIKASI

PT. PABRIK CAT DAN TINTA PACIFIC PAINT”


Sekilas Tentang PT. PABRIK CAT DAN TINTA PACIFIC PAINT”

PT. Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint adalah suatu pabrik Cat dan tinta yang didirikan oleh Mr. S.Suriawinata di Daerah Bustling Pasar Senen, Jakarta Pusat. Pacific Paint dimulai sejak bulan Agustus tahun 1943 merupakan satu perusahaan cat local yang tertua dan berkedudukan kuat. Dalam tahun 1950 pacific paint telah memperluas usahanya ke singapura dan Malaysia, yang sekarang dikenal sebagai Federal Paint Singapore Pte Ltd dan Federal Paint Malaysia Sdn Bhd.

Pada tahun 1970 operasi pabrikasi menjadi canggih dan jauh lebih efisien mesin kecepatan tinggi telah ditambahkan dibagian produksi. Persahaan Pacific Paint berdiri dengan peralatan yang canggih seperti : peralatan operasional manufacturing, fasilitas metal printing lengkap dengan peralatan elektroniknya. Pada saat ini bidang utama usaha kita adalah pembuatan cat-cat dekoratif / Arsitektur dan otomotif. Pabrik-pabrik Pacific Paint berlokasi di Jakarta di dalamnya terdapat pabrik gabungan yang canggih, fasilitas penelitian & pengembangan & pengepakan. Kapasitas produksi untuk cat dekoratif dan otomotif berkisar antara 33.000 hingga 40.000 metrik ton per tahun.

Lokasi dari PT. Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint terletak di JI. Industri I No.1 Laks. RE Martadinata, Tanjung Priok Jakarta Utara 14310 pabrik menempati areal seluas 85.200 m2 dengan luas bangunan 13.591 m2..

PT. Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi cat dan tinta, yang antara lain :

1. Produk Cat Decorative (Mark Metrolite, Glotex, Paton, Kenglo, DLSB)

2. Produk Cat Automotive (Produk BASF)

3. Industrial Paint dan Heavy Duty Coating (Carboline USA)

PT. Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint di dalam usaha-usaha penjualan dan penyaluran hasil produknya ini meliputi seluruh wilayah di Indonesia, yaitu : Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya. Selain itu juga memasarkan hasik produknya ke luar negeri seperti : Singapore, Malaysia dan Kamboja.

Pada saat ini produk-produk yang dihasilkan oleh PT. Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint, Masih terus diminati oleh masyarakat karena perusahaan ini dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu serta pandangan (image) masyarakat terhadap produk perusahaan. Disamping itu, PT. Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint juga terus mengembangkan kualitas produknya dengan mengeluarkan inovasi-inovasi baru demi untuk kepuasan pelanggannya.

PT. Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint telah memperoleh pengakuan mutu internasional tertinggi ditahun 1994 melalui ISO 9002 Quality Management System Certification oleh SGS dan sesudah itu ISO 9001 tahun 1996. Produk Cat Dekoratif kita, diedarkan melalui PT. Pacific Adiputra dan PT. Pacific Federal Cat.

Keunggulan kinerja perusahaan berada pada karyawan dengan lebih dari 1065 karyawan PT. Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint menyediakan tim yang terampil dan berpengalaman dari sumber daya manusia keuangan, penjualan dan pemasaran, manufaktur dan manajemen.


STRUKTUR ORGANISASI

Dalam struktur organisasi PT. Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint, pimpinan tertinggi dipegang oleh presiden direktur yang ditunjuk oleh pemilik perusahaan (Presiden Commissioneer ). Presiden direktur bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan kelancaraan jalannya perusahaan dan seluruh tugas yang dibebankan oleh presiden komisaris. Dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan perusahaan. Presiden direktur membawahi langsung tiga orang direktur yaitu :

a. Direktur Produksi (Manufacturing Director)

Direkrtur produksi bertanggung jawab atas perencanaan dan pengaturan dibidang produksi termasuk kelancaran jalannya proses produksi, baik dalam segala kuantitas maupun kualitas hasil produksinya. Menyediakan bahan mentah dan space part mesin-mesin secara otomatis sehingga tercapai efisiensi yang optimal dan biaya yang kompetitif, merencanakan persediaan barang jadi setiap bulannya dan menyimpan hasil produksi, bahan baku, bahan penolong dan peralatan mesin. Dalam menjalankan tugasnya, ia dibantu oleh :

- Production Decoratif Manager yang bertanggung jawab terhadap kegiatan produksi di bagian decorative, dalam menjalankan tugas dibantu oleh production supervisor, laboratory, QC, finish good.

- Production Otomotif Manager yang bertanggung jawab terhadap kegiatan produksi di bagian otomotif dalam menjalankan tugas dibantu oleh production supervisor, laboratory, QC, finish good.

- Process Manager dalam menjalankan tugas mengatur masuk dan keluarnya barang – barang dari gudang dan pendistribusiannya, melakukan dan mengawasi pembelian semua keperluan perusahaan baik keperluan kantor dan kebutuhan produksi seperti bahan baku produksi dan materialnya, dalam tugasnya akan dibantu oleh Purchasing supervisor, logistic supervisor.

- HR & GA Manager dalam menjalankan tugas dibantu oleh maintenance, untuk menangani urusan yang menyangkut masalah kesejahteraan karyawan dan keselamatan kerja karyawan dan kebutuhan pegawai, serta menangani urusan promosi jabatan karyawan, mengatur dan mengurus keperluan kantor diluar produksi, mengawasi peraturan-peraturan perusahaan yang telah disepakati antara perusahaan dengan serikat pekerja dan peraturan perburuhan lainnya, membuat daftar gaji dan perhitungan pajak pendapatan pekerja sesuai denga peraturan pemerintah yang berlaku.

b. Direktur Keuangan (Finance & Acc Director)

Direktur keuangan bertanggung jawab dan mempunyai wewenang terhadap keuangan dan akuntansi perusahaan, arus dana (cash flow) yang berhubungan dengan keluar masuknya dana, menerima semua dana dan keterangan mengenai transaksi keuangan maupun data lain yang menyebabkan berkurang atau bertambahnya aktiva dan pasiva, menentukan harga pokok ban yang akan dijual. Dalam menjalankan tugasnya, ia dibantu oleh : Finance & Accunting Manager yang dibantu oleh : Cashier, A/R supervisor, taxation.

c. Direktur Pemasaran (Marketing Director)

Direktur pemasaran bertanggung jawab atas penjualan hasil produksi dan dalam memperoleh pendapatan yang optimal, berperan dalam menentukan cara penjualan dan daerah yang akan menjadi pasar hasil produksi perusahaan. Dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh :

- Decoratif Sales Manager yang bertanggung jawab kegiatan pemasaran produk dibagian decorative dalam menjalankan tugas dibantu oleh : Retail supervisor, supply & apply supervisor.

Pada hakikatnya perusahaan mengharapkan supaya karyawannya bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan, tujuan yang telah ditentukan tersebut dapat tercapai apabila karyawan selalu bekerja dengan penuh gairah dan semangat kerja yang tinggi sehingga prestasi dan produktivitas karyawan pun dapat meningkat


Sekilas tentang Materi Komunikasi di Mata Kuliah Psikologi Manajemen

Kesimpulan

Dalam menjalin relasi dengan orang lain, kita membutuhkan komunikasi. Dalam dunia kerja, komunikasi merupakan satu hal yang paling penting dan menjadi bagian dari tuntutan profisiensi (keahlian). Komunikasi menurut Psikologi Manajemen adalah saluran untuk mempengaruhi serta mekanisme untuk melakukan suatu perubahan.

Jaringan komunikasi organisasi merupakan suatu struktur saluran dimana informasi melewatinya dari individu satu ke individu lainnya. Jaringan tersebut mengandung alur informasi, dan ia mencerminkan interaksi formal antar anggota organisasi. Setiap organisasi memiliki jaringan komunikasi yang berbeda, karena hal tersebut tergantung dari struktur organisasinya.

Saya mengambil struktur organisasi dari PT. Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint, dalam struktur yang tergambar diatas, saya dapat menyimpulkan, bahwa perusahaan tersebut menggunakan jaringan komunikasi 2 arah. Karena antara atasan sampai bawahan memiliki ketergantungan yang satu sama lain tidak bisa dipisahkan. Komunikasi organisasi berbeda sesuai dengan apakah tujuan pokoknya mengirim informasi kebawah, ataukah pada arah yang horisontal. Komunikasi kebawah membawa informasi yang berhubungan dengan tugas pada seseorang yang melakukan tugas tersebut. Ia juga membawa informasi tentang kebijakan dan prosedur, serta bisa jadi digunakan untuk feedback yang bersifat motivasional pada karyawan. Komunikasi lateral atau horisontal terjadi antar rekan kerja. Anggota tim dan departemen harus berkomunikasi untuk memperluas hubungan kerja mereka. Komunikasi keatas membawa informasi dari tingkat bawah ke tingkat atas organisasi.

Para pimpinan organisasi menerima feedback tentang efektifitas keputusan yang telah diambilnya. Anggota tingkat bawah mempunyai kesempatan untuk menginformasikan dan mengajukan keluhan, dan memberikan saran untuk pengembangan. Pesan lebih mungkin untuk dimengerti ketika sebuah pertukaran terjadi daripada ketika penerima tidak membuat respon apapun. Dengan komunikasi satu-arah, informasi dikirim ke bawah dari pimpinan kepada anggota. Pimpinan tidak menanyakan atau tidak mengharapkan suatu respon. Tentu saja, jika tidak ada komunikasi keatas, maka akan sangat sulit mengetahui apakah pesan pimpinan telah dapat diterima. Pada komunikasi dua-arah, penerimaan pesan dapat diperjelas sebab suatu respon diharapkan kemunculannya. Komunikasi dua-arah ini memungkinkan misunderstanding/ kesalah-pahaman dapat dijernihkan.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Mbak aku salah satu karyawAN pacificPAINT.
Kok jauh ya aplikasinya manajemen didaerah.
Maaf
saya dan keluarga sayang sama pacific tapi...

bos mengatakan...

n-n

princess nitha mengatakan...

tapi knapa mas???

Free Personal signatures - cool!

TEXTAREA_ID