Sabtu, 13 November 2010

PENGERTIAN, TUJUAN, FUNGSI DAN SYARAT PERIKLANAN

A.Definisi Periklanan

Definisi tentang iklan dan periklanan dapat kita temui di hampir semua kepustakaan iklan, periklanan dan pemasaran. Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media dan dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagaian atau seluruh masyarakat. Dari definisi diatas, jelas terlihata adanya empat unsur yang menentukan atau membentuk iklan, yaitu :

1. Pemrakarsa

2. Pesan

3. Media

4. Masyarakat

Penjabaran definisi diatas ternyata sejalan dengan Model Komunikasi SMCR dan Lasswell yang unsur-unsurnya adalah :

Unsur-unsur Komunikasi

Model SMCRE

Model Lasswell

Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia

Komunikator

Source

Who

Pemrakarsa yang dikenal

Pesan

Message

Says what

Pesan tentang suatu produk

Media

Channel

Which channel

Disuatu Media

Khalayak

Receiver

To Whom

Ditujukan kepada masyarakat

Efek

Efect

With what effect

Untuk tujuan tertentu

Dengan demikian jelas, bahwa iklan merupakan pula suatu komunikasi. Ia melibatkan produsen sebagai Komunikator, fisik iklan itu sendiri sebagai unsure Pesan, media sebagai Saluran dan khalayak sebagai publik yang ditujunya. Dengan demikian, model komunikasinya menjadi :

Produsen > Iklan > Media > Khalayak > Sasaran

Para praktisi periklanan Indonesia juga menyatakan sepakat bahwa, periklanan adalah keseluruhan proses yang meliputi penyiapan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan penyampaian iklan.



B. Tujuan Periklanan

Pada dasarnya tujuan akhir periklanan adalah untuk merangsanga atau mendorong terjadinya penjualan (sales). Untuk mencapai tujuan itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Secara umum tujuan periklanan adalah sebagai berikut :

1. Menciptakan pengenalan merek / produk / perusahaan

Melalui periklanan khalayak akan mengetahui keberadaan merk, produk maupuin perusahaan pasar.

2. Memposisikan

Melalui periklanan perusahaan pasar dapat memposisikan produknya dengan membedakan diri dengan produk pesaing.

3. Mendorong prospek untuk mencoba

Dengan menyampaikan pesan-pesan yang persuasive, khalayak didorong untuk mencoba menggunakan produk atau merk yang ditawarkan.

4. Mendukung terjadinya penjualan

Dengan beriklan diharapkan konsumen bertindak untuk membeli produk

5. Membina loyalitas

Dengan beriklan akan semakin memantapkan keberadaan pelanggan yang loyal. Artinya perusahaan ingin menyampaikan bahwa merk dan produk yang pernah digunakan konsumen masih tetap ada dipasar.

6. Mengumumkan cara baru pemanfaatan

Inovasi atau cara baru pemanfaatan dapat dapat diketahui khalayak melalui iklan

7. Meningkatkan citra

Dengan iklan akan meningkatkan citra produk, merk maupun perusahaan.

C. Fungsi dan Peran Periklanan

1. Sumber Informasi

Dengan iklan, dapat membantu masyarakat unruk memilih altenatif produk yang lebih baik atau yang lebih sesuai dengan kebutuhannya. Artinya iklan dapat memberikan informasi yang lebih banyak daripada yang lainnya, baik tentang produknya, distribusi atau tempat pembeliannya atau informasi lain yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat.

2. Kegiatan Ekonomi

Periklanan mendorong pertumbuhan perekonomian karena produsen didorong utnuk tetap memproduksi dan memperdagangkan produk untuk melengkapi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

3. Pembagi Beban Biaya

Periklanan membantu tercipatanya skala ekonomi yang besar bagi setiap produk, sehingga menurunkan biaya produksi dan distribusi per unit atas produk tersebut, dan pada akhirnya memurahkan harga jualnya kepada masyarakat.

4. Sumber Dana Media

Periklanan merupakan salah satu sumber dana media yang menunjang media untuk tetap eksis. Munculnya banyak media membuat persaingan semakin ketat.

5. Identitas produsen

Melalui kegiatan periklanan, masyarakat akan mengetahui produsen. Ada perusahaan yang dalam iklannya memnonjolkan perusahaanya

6. Sarana Kontrol

Melalui kegiatan periklanan, masyarakat dapat membedakan produk-produk sah dengan tiruan.



Akan tetapi, selain berperan positif, berbagai pandangan negative tentang iklan bermunculan, diantaranya adalah :

1. Iklan dianggap merusak tata bahasa yang berlaku

2. Iklan dianggap dapat mendorong orang menjadi matrealistis

3. Iklan dianggap dapat mendorong orang membeli barang yang tidak diinginkan

4. Iklan dianggap terlalu berlebihan

5. Iklan dianggap menciptakan suatu stereotip


D.Periklanan dan Unsur Promosi

Perikalanan (advertising) adalah salah satu bentuk komunikasi massa yang bersifat komersil dan non personal dengan tujuan untuk menimbulkan kegiatan tertentu yang akan memeberi keuntungan bagi pemasangnya yang berupa peningkatan image atau penjualan suatu produk. Ada beberapa cirri yang digunakan dalam periklanan yaitu :

a. Mengkomunikasikan tema

Periklanan mengkomunikasikan pesan penjualan tentang sutu produk dengan suatu tema teertentu pada khalayak

b. Bersifat jangka panjang

Periklanan memiliki dampak yang tidak langsung dan dilakukan dalam konteks upaya promosi

c. Membangun citra

Periklanan ditujukan untuk membentuk citra baik terhadap manfaat suatu produk yang ditawarkan

d. Membedakan diri

Setiap iklan pasti berusaha menunjukan identitas produk dan produsennya secara tegas, sehbingga terlihat perbedaan da keunggulannya dibandungkan dengan produk pesaing

e. Memberi nilai

Iklan memberi nilai “anggapan” terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sehingga akan muncul persepsi teretentu dalam diri konsumen terhadap produk tersebut.



E. Komponen-komponen Perencanaan Periklanan

Perencanaan periklanan harus sejalan dengan perencanaan marketing (marketing Planning) :

1. Tujuan Periklanan

a) Harus sejalan dengan tujuan pemasaran atau dengan kata lain tujuan periklanan hanya bisa ditetapkan jika tujuan pemasaran suatu produk telah ditransformasikan kedalam tujuan promosi.

b) Dalam tujuan periklanan harus menjabarkan berapa % tingkat awareness (sadar kenal/ tanggapan) yang diharapkan terhadap target audience

c) Dalam tujuan promosi biasanya dinyatakan berapa banyak orang yang diharapkan tahu tentang promosi yang disampaikan dan pada tingkatan yang bagaimana.

d) Selanjutnya ditetapkan berapa banyak yang harus menjadi tanggung jawab periklanan dan berapa banyak dari unsure-unsure promosi lainnya.

e) Bila senadainya aktivitas unsure-unsure promosi lainnya dianggap tidak diperlukan dengan sendirinya target audience tersebut harus menjadi tanggung jawab sepenuhnya periklanan

f) Langkah berikutnya adalah menentukan tingkat tanggapan yang bagaimana yang diharapkan sehingga khalayak sasaran bersedia membeli produk yang diiklankan.

2. Strategi Periklanan

Ada dua syarat utama yang harus dipenuhi :

a. Siapa khalayak sasaran perikalanan

b. Bagaimana membuat khalayak sasaran periklanan tersebut tahu tentang iklan produk kita sehingga tercapai yang dinyatakan oleh tujuan periklanan.

3. Program

Dinyatakan dalam bentuk penjabaran strategi peiklanan yang dikaitkan dengan unsure waktu

4. Anggaran

Dinyatakan dalam bentuk rincian atas kebutuhan untuk kegiatan-kegiatan periklanan



F. SYARAT IKLAN YANG BAIK

1. Iklan yang Baik Menurut Teori AIDCA

Terdapat beberapa pendapat mengenai iklan yang bagus. Menurut Kasali (1995: 83:86) iklan yang bagus paling tidak memenuhi kriteria rumus yang disebut AIDCA. Rumus itu merupakan singkatan dari dari elemen-elemen:

1. Attention (perhatian)

2. Interest (minat)

3. Desire (kebutuhan)

4. Conviction (keinginan)

5. Action (tindakan)

Dalam elemen Attention, iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran. Untuk itu, iklan membutuhkan bantuan ukuran, penggunaan warna, tata letak, atau suara-suara khusus.

Untuk elemen Interest, iklan berurusan dengan bagaimana konsumen berminat dan memiliki keinginan lebih jauh. Dalam hal ini konsumen harus dirangsang agar mau membaca, mendengar, atau menonton pesan-pesan yang disampaikan. Selain itu, iklan juga harus memiliki komponen Desire, yaitu mampu menggerakkan keinginan orang untuk memiliki atau menikmati produk tersebut.

Setelah itu, iklan juga harus mempunyai elemen Conviction, yang artinya iklan harus mampu menciptakan kebutuhan calon pembeli. Konsumen mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh untuk membeli produk tersebut. Akhirnya, elemen Action berusaha membujuk calon pembeli agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembelian. Dalam hal ini dapat digunakan kata beli, ambil, hubungi, rasakan, bunakan, dan lain-lain.

Namun demikian, dalam era yang serba over comunication iklan ini, penulis iklan harus cukup hati-hati. Banyak kalangan yang merasa alergi melihat iklan. Salah satu di antaranya karena iklan tersebut membosankan atau terlalu terkesan memaksa, seperti iklan berikut.

Tje Fuk

Disisi lain kita juga perlu memperhatikan rencana strategi pemasaran secara umum. Tentu saja target iklan untuk produk baru, akan sangat berbeda dengan iklan untuk produk yang sudah lama melekat dalam benak konsumen.

Begitu juga golongan target audience atau calon konsumen dan ciri fungsi produk dari iklan -- mempengaruhi pemakaian kata-kata yang akan dipakai. Bahasa yang dipakai untuk iklan yang target audience-nya anak-anak tentu berbeda dengan iklan yang target audience-nya orang dewasa laki-laki .Bahasa yang dipakai untuk iklan rokok tentu berbeda dengan iklan yang dipakai untuk iklan obat masuk angin. Untuk iklan obat masuk angin copywriter dapat menggunakan kata "segeralah minum obat X", namun untuk iklan rokok kata-kata itu tidak dapat digunakan. Di sini yang membedakan adalah ciri fungsi iklan. Obat masuk angin dipakai langsung untuk mengobati penyakit yang sering diidap oleh masyarakat. Sementara rokok digunakan konsumen untuk kenikmatan dan gaya hidup.

Oleh karena itu, rumus AIDCA sebagai syarat untuk iklan yang baik, tidak begitu relevan untuk saat ini. Hakim (2006: 49-63), menawarkan rumus iklan baik yang disebut dengan SUPER "A".


2. Iklan Baik: SUPER "A"

Rumus iklan SUPER "A" selain sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini yang over comunication, juga memperhatikan rencana strategi pemasaran, golongan konsumen, serta ciri fungsi produk. Rumus SUPER "A" merupakan singkatan dari elemen-elemen berikut ini.

a. Simple (S)

Simple artinya sederhana. Untuk brand baru kesederhanaaan ini dipahami sebagai "dapat dimengerti sekali lihat". Contohnya Iklan Kit Kat dengan slogannya "ada break ada Kit Kat." Slogan ini dengan mudah masuk dalam ingatan kita bahwa Kit Kat adalah makanan ringan untuk waktu istirahat.

b. Unexpected (U)

Unexpected artinya tidak terduga. Di tengah derasnya arus iklan yang kita lihat setiap harinya, iklan yang baik adalah iklan yang idenya tidak terduga, di luar bayangan kita sehingga kita berdecak kagum. Iklan seperti ini akan selalu diingat dan menjadi the top of mind, paling tidak dalam segmentnya.

c. Persuasive (P)

Persuafif disebut juga dengan daya bujuk, yang berarti mempunyai kemampuan menyihir orang untuk melakukan sesuatu. Iklan yang berpersuasif mampu menggerakkan konsumen untuk mendekatkan diri dengan brand dan tertarik untuk mencobanya.

Jangan lupa, daya persuasif sebuah iklan harus diarahkan pada brand. Sasarannya adalah konsumen tertarik kepada brand dari sebuah produk. Jangan sampai yang menjadi top of the Mind konsumen adalah iklan, bukan brand itu sendiri.

Jadi, benarlah adanya bahwa brand adalah hero (Hakim: 2006:57), brand adalah panglima (Dewi, 662005).

d. Entertaining (E)

Pernahkah Anda merasa kesal menonton iklan? Ataukah Anda merasa seperti dibodohi, dipaksa, dan merasa waktu Anda sia-sia untuk melihat iklan? Atau sebaliknya, Anda merasa terhibur ketika melihat sebuah iklan, berdecak melihatnya, dan ingin melihat lagi gambar atau tayangan iklan tersebut?

Dalam era yang sudah over comunication dan juga over iklan ini, pembuat iklan harus kreatif. Jangan sampai pesan yang kita sampaikan dalam iklan, menjadi tidak tersampaikan karena konsumen merasa kesal melihat iklan yang ditayangkan. Lebih lagi, jika kita menginginkan iklan yang kita buat teringat di benak konsumen.

Iklan yang standar mungkin tidak mengesalkan hati konsumen, namun iklan itu juga tidak akan tertanam dalam benak konsumen. Sebaliknya, iklan yang baik akan tertanam di benak konsumen. Iklan -iklan tersebut mengandung unsur hiburan.

Iklan yang mempunyai sifat menghibur mampu memainkan emosi konsumen untuk tertawa, menyanyi, menari, menangis, atau terharu. Iklan seperti itu mampu mengangkat simpati konsumen terhadap brand yang diiklankan.

e. Relevevant (R)

Dalam beriklan, kita dituntut untuk kreatif. Penyampaian iklan tidak harus lugas menunjukkan persuafif agar konsumen segera menggunakan iklan yang kita tawarkan. Iklan yang baik harus memnggunakan berbagai gaya berbahasa: asosiasi, analogi, hiperbola, metafora, dan lain-lain. Atau dengan kata lain, iklan bolehlah melantur kemana-mana, dengan syarat harus relevan. Iklan yang baik harus dapat dipertanggungjawabkan, harus tetap dapat dirasionalisasi, harus ada hubungan dengan brand dari produk yang kita iklankan.Iklan harus relevan dgn brand, baik brand positioning, maupun brand personality. Eksekusi (produksi) dari iklan harus diperuntukkan untuk brand. Sekali lagi brand adalah hero, brand adalah panglima. Dan, iklan harus relevan dengan brand.

f. Acceptable (A)

Unsur acceptable atau penerimaan sangat berkaitan dengan budaya yang berlaku di masyarakat. Membandingkan secara langsung produk kompetitor dengan produk yang kita iklankan, dirasa tidak dapat di terima oleh masyarakat. Begitu juga dengan iklan yang menampilkan kekerasan.

Iklan yang baik, adalah iklan yang dapat diterima oleh masyarakat, sesuai dengan nilai budaya setempat. Kode Etik Periklanan dan Undang-undang tentang perlindungan konsumen merupakan kesepakatan yang memcerminkan kepentingan masyarakat. Janganlah iklan melanggarnya. Meskipun demikian, terdapat beberapa bagian dari kesepakatan itu yang bersifat grey area, sehingga susah dijadikan pegangan. Untuk itu, berpeganglah pada hati nurani. Kita dianugerahi Tuhan sebuah hati nurani yang mampu menuntun kita untuk menilai apakah iklan yang kita buat, sesuai atau tidak dengan nilai-nilai budaya di masysrakat.

Tentu kita tetap menginginkan iklan yang kita buat menjadi the top of the Mind , sekaligus menjadi pendongkrak penjualan. Untuk itu, iklan yang baik haruslah dapat diterima oleh masyarakat.





DAFTAR PUSTAKA :

Muwarni, E.(2004). Dasar-dasar Periklanan. Jakarta : Wacana Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Moestopo Beragama.

http://agustinpungky.blogspot.com/2010/10/syarat-syarat-iklantujuan-membuat.html

http://kuliahkomunikasi.blogspot.com/2008/03/belajar-iklan-rumus-iklan-yang-baik.html






Jumat, 22 Oktober 2010

STRATEGI PEMASARAN

E5-00 "PONSEL KANTORAN FITURE LUMAYAN"


Kita mengenal seri E Nokia sebagai smartphone bisnis menengah ke atas dengan fiture penunjang lengkap. Kini ‘kebijakan’ Nokia memungkinkan produk seri tersebut dapat dijangkau oleh pasar yang lebih luas. Harganya dipangkas tanpa mengorbankan fitur mutakhir. Salah satunya adalah Nokia E5-00






Desain dan Display

Mantap digenggaman. Bobotnya tidak terlalu ringan sehingga ideal ketika digunakan dengan dua tangan saat mengoperasikan QWERTY-nya, dan juga tidak terlalu berat sehingga tidak membuat jari cepat pegal.

Material yang digunakan cukup terjaga kualitasnya : tidak terasa licin ditangan yang mudah berkeringat sekalipun. Sekedar informasi dari Nokia, bahan yang digunakan pada produk ini bebas PVC dan nikel pada permukaan produk dan ramah lingkungan.

Papan tombol QWERTY-nya terbuat dari plastic kesat, namun ukuran dan jarak antar tombol kurang bersahabat. Terlalu sering kesalahan tekan tombol terjadi, dan tentu saja cukup mengganggu. Itu berarti butuh membiasakan diri lagi bagi Anda yang biasa menarikan jari diatas papan-papan tombol dengan lincah. Selain keyboard QWERTY yang berjumlah 37 tombol tersebut, juga terdapat jack untuk microUSB dan 3.5mm audio yang terletak dibagian atas, tombol pengatur volume disebelah kiri ponsel, navigasi 5 arah, dan 2 tombol pengait untuk membuka casing bagian belakang.

Antena ponsel ini terletak dibagian bawah belakang, tepat dibawah casing, sehingga pastikan tangan Anda tidak menutupi bagian tersebut ketika membutuhkan sinyal yang lebih baik. Sedangkan kameranya belakangnya berada ditempat yang tepat sehingga tidak ditemukan kendala seperti jari yang tanpa sadar menutupi sedikit dari bagian lensa, misalnya.

Lampu kilat yang menemani cukup kuat jangkaunya, dan dapat digunakan sebagai lampu senter dengan cara menekan-tahan tombol spasi dilayar awal. Sama seperti X5, tombol Sym yang juga disisipi logo Bluetooth yang dapat menjadi jalan [intas bagi Anda untuk mengatur aktivitas Si Gigi Biru tersebut.


Kamera

Masih seperti pendahulunya yakni X5, kamera yang dibawa oleh E5-00 ini mampu menghasilkan gambar hingga 5 MP dan video ukuran VGA dengan format mp4.



Audio

Speaker yang terpisah dari earpiece membuat keluaran suaranya mampu tampil keras dan bertenaga. Sayangnya masih kurang ‘bulat’, terutama ketika diset ke volume tertinggi. Bahkan untuk beberapa jenis lagu yang mengandalkan nada tinggi, suara yang keluar cemderung pecah.

Selebihnya apa yang ditawarkan Nokia E5-00 ini tak jauh berbeda dengan versi pendahulunya dibidang pemanja suara ini. Shazam yang berfungsi sebagai perpustakaan music, Musik Ovi yang menjadi swalayan music online, Radio FM yang tetap membutuhkan headset sebagai antenna serta Radio Internet yang mencakup berbagai siaran dari seluruh stasiun radio dunia bisa Anda maksimalkan penggunaanya walaupun beberapa masih membutuhkan koneksi alias terhubung dengan internet.


Internet

Meski belum dapat digunakan, ketersediaan HSUPA membuat kemampuan jelajah data pada perangkat ini dapat diandalkan. Ketika berada diluar jangkuan WLAN, Anda masih bisa menggunakan HSDPA yang sayangnya tidak dilengkapi dengan kamera depan untuk kepentingan video call. Saat dicoba untuk menjelajah berbagai situs, baik mobile maupuin website, halaman demi halaman mampu terbuka dengan baik. Menariknya, ketika menekan tombol kembali, akan terbuka jendela-jendela yang sebelumnya telah dibuka sehingga Anda bisa memilih dengan cepat halaman sebelumnya yang mana yang ingin dituju.


Fitur

Nokia E5-00 sudah ditanamkan GPS sehingga dapat membantu Anda dalam menemukan suatu lokasi atau memberikan saran terhadap rute suatu perjalanan. Ketika Anda menggunakan peta, sistem akan mengunduh konten seperti pencitraan satelit, panduan atau informasi lalu lintas serta cuaca sehingga akan membutuhkan transmisi data dalam jumlah cukup besar.

1. Olahpesan
  • Dapatkan email kantor secara langsung melalui Mail for Exchange dan IBM® Lotus Notes® Traveler.
  • Tulislah pesan dengan cepat dan nyaman menggunakan keyboard QWERTY lengkap.
  • Lakukan percakapan secara langsung menggunakan aplikasi IM Nokia Messaging.
  • Akses hingga 10 akun email pribadi pada ponsel Anda – termasuk Hotmail, Gmail dan Yahoo! Mail.
  • Tetap terhubung dengan teman-teman dan keluarga melalui Ovi Mail – akun email gratis Anda dari Nokia.
  • Teruslah mengobrol selagi di jalan. Semua komunitas IM favorit Anda—Windows Live Messenger,™ Yahoo!® Messenger, Google Talk™ dan Ovi Chat—tersedia.






2. Layar awal

  • Tetap dekat dengan teman-teman di Facebook - lihat status teman-teman dan kirim pesan langsung dari daftar kontak Anda.
  • Buat layar awal Anda khas dengan mengubah latar belakang, tema dan ikon.
  • Tetap kendalikan email, kalender dan musik dengan widget khusus di layar awal Anda



3. Aplikasi

  • Lihat dan edit dokumen Microsoft Word, Excel dan PowerPoint menggunakan aplikasi Quickoffice.
  • Sinkronkan dokumen, foto, kalender dan kontak Anda – Nokia E5 dapat bekerjasama lancar dengan komputer yang kompatibel
  • Dengarkan lagu favorit Anda, buat daftar putar dan impor musik dari koleksi pribadi Anda dengan Nokia Ovi Player.




4. Internet

  • Online-lah bila diperlukan dan akses dunia informasi serta layanan melalui koneksi cepat 3G atau Wi-Fi.
  • Simpan informasi yang Anda perlukan sedekat sentuhan jari – sesuaikan layar awal, plug-in favorit, dan kontak Anda.
  • Lihat dan bagikan Facebook dan Twitter feed dari teman dan kolega langsung dari layar awal Anda.
  • Lihat dan berbagi di Facebook atau Twitter dengan teman atau kolega.


5. Layanan Ovi

  • Tetap terhubung dengan email Anda dari ponsel atau komputer menggunakan layanan Ovi Mail gratis – termasuk kartu memori SD 2GB untuk penyimpanan pesan, gambar, musik, dan video.
  • Rencanakan rute terbaik dan temukan tempat-tempat menarik di sepanjang perjalanan Anda dengan Ovi Maps.
  • Pilih dari berbagai aplikasi yang selalu bertambah dari Ovi Store – widget, permainan, alat produktivitas dan masih banyak lagi.
  • Temukan lagu baru di Ovi Music Store kemudian tinggal download lagu favorit Anda langsung ke ponsel.
  • Sinkronkan, simpan dan kelola dokumen dan file Anda dari jauh dengan Ovi Files


6. Peta

  • Temukan posisi pasti Anda dengan cepat dan mudah melalui penerima Assisted-GPS terpadu.
  • Temukan restoran terdekat, landmark, acara dan tempat menarik lainnya saat Anda bepergian dari satu tempat ke tempat lain dengan Ovi Maps.
  • Dapatkan petunjuk suara belokan demi belokan dan panduan kota terperinci sebagai bagian dari lisensi navigasi gratis seumur hidup.


7. Desain

  • Tampil beda – desain yang ramping dan kontemporer disertai aksen baja tahan-karat menjadikan penampilan dan citarasa ponsel ini berbeda.
  • Ketik email, SMS atau catatan dengan cepat menggunakan keyboard QWERTY lengkap – dibuat demi olahpesan yang cepat dan efisien.
  • Lihat segalanya dengan jelas di layar lebar 2,36” yang mendukung lebih dari 256.000 warna.





8. Foto dan video

  • Potret foto beresolusi tinggi dan video berkualitas DVD menggunakan kamera digital 5 megapiksel.
  • Potret foto terbaik di malam atau siang hari dengan lampu kilat LED.
  • Upload foto dan klip video langsung ke jaringan sosial atau layanan berbagi favorit Anda.
  • Simpan foto dan klip video Anda pada memori internal 256 MB atau simpan lebih banyak lagi dalam memori yang dapat ditambah hingga 32 GB.



KESIMPULAN :

Aktifitas bisnis yang padat memerlukan pendamping yang handal termasuk didalamnya adalah ponsel. Ponsel E5-00 adalah ponsel yang cocok untuk para pekerja kantoran. Selain didalamnya memiliki OS terbuka serta kamera yang memadai, Nokia E5-00 juga membawa segudang fitur kantor yang dapat dimaksimalkan untuk menunjang kinerja Anda. Apalagi baterainya yang tergolong awet, mencapai 2 hari untuk pemakaian cukup aktif, terutama berinternet.

Namun yang paling disayang diseri ini adalah ketidakhadirtan satu buah permainan pun. Walau kita bisa mengunduh dengan mudah dari internet, tetap saja ‘feel’ yang berbeda akan terasa anatara game bawaan dengan game hasil unduhan.


Konsep Strategi Pemasaran

Kiat berkreasi dan berinovasi untuk memenangkan persaingan dalam merebut konsumen memerlukan perancangan strategi pemasaran yang tepat. Untuk itu, perlu diketahui terlebih dahulu tentang apa itu strategi pemasaran.

Menurut Peter dan Olson (dalam Ristianti,2004) strategi pemasaran dirancang untk meningkatkatkan peluang dimana konsumen akan memiliki anggapan dan perasaan positif terhadap produk, jasa dan merek tertentu, akan mencoba produk, jasa atau merek tersebut dan kemudian membelinya berulang-ulang.

Untuk mengembangkan strategti pemasaran yang kompetitif, pemasar perlu mengetahui konsumen mana yang cenderung membeli produknya, factor apa yang kira-kira menyebabkan mereka menyukai produk tersebut, kriteria apa yang diapakai untuk memustuskan membeli produk, bagaimana mereka memperoleh informasi tentang produk terbut dan lain sebagainya.

Pemasar perlu merancang strategi berdasarkan perilaku konsumen, yang tentu saja datanya hanya diperoleh dari suatu penelitian tentang perilaku konsumen; mulai daei bagaimana kebutuhan akan suatu produk dirasakan, apa yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan itu, bagaimana mereka memutuskan untuk membeli produk, bagaimana mengkonsu,si produk, sampai bagaimana mereka menyingkirkan produk tersebut dan apa yang dilakukan setelah itu



Sumber :

http://www.nokia.co.id/cari-produk/ponsel/nokia-e5/fitur#communications

Tabloid Pulsa (Referensi Spesifikasi & Harga Handphone Terpecaya). Dwi Mingguan Edisi 193 Th VIII/2010/13-26 Oktober. Halaman 8-9.

Prasetijo, R.(2004). Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi.




Nita Sri Handayani

10507297